Sebelum Membangun Bisnis Online Kamu Harus Memahami Peran Costumer Servise Terlebih Dahulu

Sebelum Membangun Bisnis Online Kamu Harus Memahami Peran Costumer Servise Terlebih Dahulu

Sebelum Membangun Bisnis Online Kamu Harus Memahami Peran Costumer Servise Terlebih Dahulu – Mungkin untuk kamu yang masih merasa asing dengan bisnis online, kamu akan menganggap bahwa semua bisa dikerjakan oleh satu orang. Pemikiran ini mungkin timbul karena sifatnya yang online. Jadi bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik baik laptop maupun gadget. Dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Padahal nyatanya, ketika bisnis online tersebut sudah berjalan atau mungkin sudah berkembang pesat semuanya tidak akan bisa dilakukan sendirian. Setidaknya kamu perlu satu dua orang untuk membantu bahkan bisa juga untuk membentuk tim.

Apalagi jika bisnis online tersebut bukan dijadikan pekerjaan utama atau bisa disebut dengan usaha sampingan. Pastilah kamu kesulitan untuk mengerjakan serta mengawasi semuanya.

Dalam sebuah bisnis apalagi bisnis tersebut dilakukan secara online, bagaimana pelayanan dan perlakuan kamu terhadap pembeli menjadi poin pokok yang harus diperhatikan. Misalnya ada calon pembeli yang bertanya tanya mengenai produk yang anda jual, sementara anda sedang disibukkan dengan pekerjaan utama. Pastikan sangat sulit untuk membagi fokus antara keduanya.

Konsumen merupakan jantung bagi bisnis anda. Tanpa konsumen bisnis anda tidak akan pernah bisa berjalan. Untuk itu agar pelayanan kamu terhadap konsumen tetap berjalan baik, walaupun kamu sibuk dengan pekerjaan utama diperlukan adanya customer service atau biasa disingkat dengan sebutan CS. Costumer Servise merupakan orang yang menghubungkan dan memberikan pelayanan terhadap produk yang dijual. Semakin baik costumer service maka akan semakin baik pula kesan yang tercipta untuk pembeli. Untuk itulah kamu harus memahami betapa pentingnya perna seorang costumer Servise online.
1. Peran pertama dari seorang costumer Servise adalah memberikan informasi detail tentang produk yang dijual. Biasanya untuk produk yang sudah terkenal, akan memiliki website tersendiri. Isi dari website tersebut adalah segala sesuatu mengenai produk. Namun adakalanya informasi produk pada website membuat bingung konsumen. Dan solusi dari hal tersebut adalah dengan menghubungi customer service. Dengan penjelasan langsung yang disampaikan oleh costumer Servise, pasti infomasi yang dibingungkan akan jelas. Selain itu kegiatan tanya jawab ini akan meningkatkan rasa percaya para calon konsumen terhadap produk yang dijual. Walaupun nanti setelah diberi penjelasan mengenai produk konsumen tidak membeli, costumer Servise tetap harus memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan.

2. Membujuk calon pembeli untuk membeli produk yang dijual. Dalam menjelaskan detail produk kepada calon pembeli, seorang costumer Servise juga harus pandai menyelipkan kata kta promosi. Hal ini untuk menarik minat calon pembeli terhadap produk.

3. Seorang costumer Servise harus dapat menjelaskan tentang proses transaksi
Setelah konsumen memutuskan untuk membeli produk, kamu harus menjelaskan prosedur atau tata cara pembayaran. Proses transaksi tersebut harus sesuai dengan website produk kamu. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan apalagi untuk orang yang baru pertama kali membeli.

4. Customer service harus dapat menjaga hubungan yang baik dengan pembeli
Seorang customer service merupakan penghubung utama antara kamu dan pembeli. Ketika ada sesuatu yang tidak sesuai atau ada keluhan orang yang pertama kali dihubungi pembeli pastilah costumer Servise. Untuk itulah kamu harus pandai dalam mencari titik tengah atau solusi permasalahan antara pembeli dan bisnis online yang kamu kelola. Bagaimana pun cara penyampaian keluhan tersebut, customer service harus tetap bersikap sopan dan tidak terbawa emosi. Hal ini untuk menjaga nama baik bisnis online yang kamu kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!